Minggu, 01 April 2012

Tree Monitor a.k.a Biawak Pohon

pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang beberapa jenis varanus atau yang biasa kita sebut dengan biawak. Tapi yang saya bahas disini adalah biawak yang tinggal dipohon asal papua atau Tree Monitor.
Pada umumnya orang hanya menduga kalau biawak hidup di dua alam yaitu air dan daratan dan orang kebanyakan tahu kalau biawak itu hanya ada di kali atau sungai. Sedangkan yang saya akan bahas disini adalah Tree Monitor asal papua. Apabila anda pecinta reptile mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan nama Prasinus,Raisingeri,Beccari,Macrei dan Yuwonoi.
Berbeda dengan biawak biawak jenis lainnya, biawak pohon ini hanya tumbuh hingga ukuran 90-120cm dan tubuh mereka pun langsing memanjang berbeda dengan biawak yang tinggal di daratan. Pada umumnya biawak pohon memiliki kuku dan jari yang lebih panjang karena mereka membutuhkan itu untuk kehidupan mereka di atas pohon, ekor mereka pun bisa digunakan untuk bergelantung di atas pohon.
Di habitatnya biawak pohon memakan unggas-unggas kecil seperti burung, akan tetapi mereka juga suka serangga seperti jangkrik. Bahkan apabila sedang didaratan terkadang mereka mencari makan seperti tikus, dan kadal kecil lainnya. Dan mereka berkembangbiak dengan cara bertelur, apabila musim kawin mereka mengeluarkan hanya sedikit inimenyebabkan biawak pohon menjadi salah satu Reptile yang dilindungi.
Tree Monitor ada beberapa macam, seperti:
- Green Tree Monitor (Varanus Prasinus), biawak ini berwarna hijau muda dan kebanyakan dari Prasinus sifat mereka tidak agresif akan tetapi biawak ini mudah stress dan mengakibatkan kematian hewan tersebut itu  sendiri.
- Yellow Tree Monitor (Varanus Raisingeri), Biawak ini berwarna kuning, populasi mereka sekarang semakin sedikit karna disebabkan warnanya yang kuning dan sifatnya yang jinak maka banyak orang yang memburu mereka dan diperjual belikan.
- Blue Tree Monitor (Varanus Macrei), Biawak ini berwarna biru stabilo, sama seperti reisingeri populasi Macrei semakin sedikit karna banyak orang yang menangkapnya untuk diperjual belikan. Sifatnya relatif jinak dan tidak agresif.
- Black Tree Monitor (Varanus Beccari), Biawak ini berwarna hitam pekat tidak ada corak lain ditubuhnya. Beccarii juga memliki sifat yang relatif jinak seperti yang lainnya hanya saja untuk yang satu ini lebih susah ditemukannya.
- Tricolor Tree Monitor (Varanus Yuwonoi), Biawak yang beda dari pada yang lainnya karena biawak ini ditubuhnya memiliki 3 warna. Kepala sampai leher berwarna kuning, badan dan kaki berwarna hitam dan dari pangkal ekor sampai ujung berwarna biru. Sifatnya pun beda, kebanyakan dari yuwonoi memiliki sifat yang agresif, apabila merasa terganggu mereka bisa mencakar bahkan sampai menggigit. Ukurannya pun lebih besar dari biawak pohon lainnya.

Sekian pengetahuan tentang biawak pohon yang saya ketahui, dan masih ada jenis jenis biawak pohon lainnya dari yang saya sebutkan di atas, akan tetapi saya kurang paham dengan jenis yang lain :)
Sedikit Gambar :

Varanus Macrei (Blue Tree Monitor) 

Varanus Raisingeri (Yellow Tree Monitor) 

Varanus Prasinus (Green Tree Monitor) 

Varanus Beccarii (Black Tree Monitor)

Varanus Yuwonoi (Tricolor Tree Monitor)

SEKIAN DAN TERIMA KASIH :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar