Senin, 16 April 2012

Varanus Salvadorii a.k.a Crocodile Monitor

Kali ini saya akan membahas tentang V.Salvadorii atau biasa disebut Crocodile Monitor. Biawak ini berasal dari New Guinea, Papua. Untuk ukuran pejantan Biawak ini bisa tumbuh hingga panjang 244cm (8,01 kaki) sedangkan untuk ukuran betina biawak ini tumbuh hingga 150cm (4,9 kaki) dan ketika baru lahir anak mereka memiliki panjang +- 45cm, karena panjangnya ini V.Salvadorii menjadi biawak terpanjang kedua setelah V.Komodoensis atau Komodo. Fitur yang paling karakteristik dari biawak ini adalah moncongnya yang tumpul bulat, beda dari biawak-biawak asal Papua lainnya yang memiliki moncong lancip.
Biawak ini memiliki warna hijau gelap serta motif cincin dan bintik kuning, sedangkan bagian ekornya bermotif banded berwarna kuning.
Biawak ini termasuk kedalam reptile yang dilindungi.
Biawak ini memiliki sifat yang relatif galak atau liar, walaupun sudah cukup banyak yang memeliharanya dari kecil sampai ukuran dewasa tidak bisa dibilang jinak karena sifatnya yang tidak bisa ditebak, apabila V.Salvadorii merasa terpojokan dia akan mengeluarkan sifat aslinya yang galak. Luka yang diderita karena gigitan V.Salvadorii dewasa juga cukup parah dan memerlukan perlakuan intensif di rumah sakit.
Tidak banyak juga para penggemar Reptile yang memeliharanya dikarenakan sifatnya yang tidak bisa ditebak namun apabila diperjual-belikan harganya pun cukup mahal.

saya akan menampilkan beberapa foto dari V.Salvadorii

Sumber foto : http://carnivoraforum.com/topic/9329200/1/


Sumber foto : http://www.zoochat.com/178/papuan-monitor-varanus-salvadorii-215926/

- Dan ini saya akan tampilkan beberap foto luka akibat serangan dari Varanus Salvadorii :





Sumber foto : http://www.proexotics.com/FAQ2.html


Sekian sekilas tentang Varanus Salvadorii dari saya :)

2 komentar:

  1. hehehehe...salvadorii bknnya bs mencapai panjang 4.75 mtr ya,lagian salvadorii2q jinak2.dorii2q aq dpt ukuran gede2 n galak tp bs jinak n lemot kok mas...sekedar masukan ajjah..DODO..

    BalasHapus