Rabu, 18 April 2012

Resume Kelompok 5

ANALISIS PENDAPATAN NASIONAL UNTUK PEREKONOMIAN TERTUTUP DAN PERTUMBUHAN EKONOMI


Dari persentasi kelompok 5 pada saat itu saya bisa mengambil beberapa point  penting, yaitu:

Pengertian Pendapatan Nasional adalah kesuluruhan jumlah barang dan jasa yang diproduksi dalam jangka waktu tertentu, biasanya dalam setahun. Yang bertujuan untuk menghitung jumlah kuantitatif pendapatan suatu negara seperti Produk Nasional Bruto / Gross National Product (GNP). GDP lebih ditujukan untuk mengukur angka kemakmuran material masyarakat.
Dalam penghitungan pendapatan nasional, terdapat beberapa istilah :
- Produk Domestik Bruto/Gross Domestic Product (GDP)
- Produk Nasional Bruto/Gross Nasional Product (GNP)
- Produk Nasional Netto/Net National Product (NNP)
- Pendapatan Nasional/National Income (NI)

Perekonomian tertutup sederhana, merupakan perekonomian yang tidak adanya hubungan dengan Negara lain dan tidak adanya campur tangan pemerintah, baik berupa pungutan pajak, pembayaran transfer pemerintah ataupun yang berbentuk pengeluaran konsumsi. Dalam perekonomian tertutup sederhana ini pengeluaran masyarakat seluruhnya pada tiap satuan waktu, biasanya dalam setahun, dan akan terdiri pengeluaran untuk konsumsi rumah tangga dan pengeluaran untuk investasi.
Terdapat dua model analisis perekonomian tertutup sederhana, yaitu:
1. Model analisis dengan variabel investasi dan tabungan
2. Angka Pengganda

Hubungan dari pertumbuhan ekonomi, inflasi dan juga masalah pengangguran,  hubungan dari ketiga permasalah ini memang saling berkaitan. Dikarenakan dalam suatu negara selalu mengalami pertumbuhan ekonomi yang berbeda bed. Biasanya pertumbuhan ekonomi selalu diikuti dengan adanya inflasi dan juga pengangguran. Inflasi juga mempengaruhi tingkat suku bunga pada perbankan, terutama tingkat suku bunga pinjaman dan akan makin menyulitkan para pihak swasta yang berkeinginan untuk menekan biaya produksi di waktu inflasi terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar