Kamis, 26 April 2012

Tips - Tips Memilih dan Merawat Ular

Oke ditulisan kali ini saya akan membahas tentang tips - tips bagaimana agar bisa memilih ular yang sehat disaat mau membeli nya.
Kalian ingin memilihara ular ? Berkeinginan ingin menjadi pecinta reptile ? gampang kok. Tapi jangan lupa ya untuk meminta izin dulu kepada orang rumah :). Disini saya akan membagi beberapa tips untuk memilih ular yang sehat dan merawatnya :).
Apabila anda baru saja ingin memelihara ular disarankan agar memelihara ular jenis MonoPohon atau bisa juga Phyton Reticulatus (sanca). Ada yang perlu diperhatikan saat membeli ular, oke saya akan langsung berbagi deh hehe.

TIPS - TIPS MEMILIH ULAR YANG SEHAT :
- Perhatikan bagian mulutnya , kalo takut megang mulutnya minta bukain sama yang jaga petshop. Nah setelah itu liat apakah ada sariawan atau tidak. Bagaimana sariawan pada ular? sama aja kok kaya manusia, di bibirnya kaya ada luka gitu, kalau ada sariawannya jangan dibayar. Karena pada saat dipelihara nanti dia tidak mau makan apabila tidak disembuhkan.
- Tanya kepada yang jual, apakah ular tersebut sedang mogok makan atau tidak. Karena kalau ular sudah mogok makan susah loh untuk mengembalikan nafsu makannya jadi seperti biasa apalagi bagi pemula :D.
- Liat dan pegang seluruh tubuh ular, kalau ada benjolan-benjolan, luka, cacingan, nanah, dan fisik ular cacat seperti ekor keriting. Lebih baik jangan :)
- Nah yang lebih penting tanya sama yang jual itu ular WC (Wild Caught) atau CB (Captive Breed), Karena kalau WC bahaya bagi pemula karena suka masih ada yang suka gigit loh jadi jangan. Tapi kalau CB beli aja karena pasti jinak :)

Nah kalau itu semua diatas udah diperhatikan dan mendapatkan ular sehat bayar deh dan pulang kerumah bawa peliharaan baru :). Nah untuk Perawatannya juga ada Tips nya loh apalagi ular baru, berikut ini tips - tips nya :

- Siap kan kandang untuk rumah si ular tersebut dan pindahkan ular tersebut ke dalamnya, setelah itu jangan diganggu dulu seperti di mainin di pegang-pegang, JANGAN.... Karena bisa menyebabkan ular tersebut stress. Diamkan dulu selama kurang lebih 5hari, setelah itu tes makan :)
- Bersihkan kandang setiap kali ular tersebut buang air, karena apabila tidak segera dibersihkan bisa membuat ular tersebut tidak nyaman dan nyundul-nyundul kandang nantinya dan akhirnya bibirnya luka deh.
- Luangkan waktu anda untuk menjemur Ular kesayangan anda di bawah sinar matahari pagi sekitar 20menit lah cukup, karena baik untuk pertumbuhan ular tersebut dan terbebas dari penyakit nantinyaaa :)

Lakukan tips - tips diatas secara rutin yaaaa agar ular kesayangan kalian bisa sehat dan tumbuh hingga besar :)
sekian. Thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar