Senin, 26 Maret 2012

Resume Kelompok 4

STRUKTUR PASAR


Dari presentasi kelompok 4 pada tanggal 20 Maret 2012 kemarin saya mendapatkan point penting tentang struktur pasar, yaitu :


pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan.
Struktur Pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri.


- Pasar Persaingan Sempurna 
pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran di mana jumlah pembeli dan penjual sedemikian rupa banyaknya atau tidak terbatas.
Ciri-ciri pokok dari pasar persaingan sempurna adalah:
a. Jumlah perusahaan dalam pasar sangat banyak.
b. Produk/barang yang diperdagangkan serba sama (homogen).
c. Konsumen memahami sepenuhnya keadaan pasar.


-Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar Persaingan tidak sempurna dibagi menjadi beberapa jenis :
1. Pasar Monopoli : suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu penjual/produsen yang berhadapan dengan banyak pembeli atau konsumen.
2. Pasar Oligopoli : suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran, di mana terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai seluruh permintaan pasar.
3. Pasar DuoPoli : suatu pasar di mana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan.
4. Pasar Monopolistik : suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran di mana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar