Minggu, 18 Maret 2012

Rsume Kelompok Satu

PENENTUAN HARGA PERMINTAAN DAN PENAWARAN 


Dalam pembahasan presentasi mata kuliah Softskill Teori Organisasi Umum 2 pada tanggal 13 Maret 2012 yang lalu, saya dapat menyimpulkan beberapa hal terkait dengan harga permintaan dan penawaran. Banyak sekali faktor yang melatar-belakangi harga naik dan turun dari sebuah permintaan, diantaranya : 


Disini harga barang dapat mempengaruhi permintaan jumlah barang, apabila semakin naik harga barang maka semakin tinggi pula permintaan barang tersebut, sebaliknyapabila harga barang menurun maka permintaan barang tersebut pun menurun. dan disini harga barang pengganti pun berperan dalam berpengaruhnya permintaan barang dan jasa. apabila hargbarang utama sedang naik maka kebanyakan konsumen lebih memilih membeli barang pengganti (subtitusi), namun sebaliknyapabila disini harga barang pengganti lebih mahal maka konsumen lebih memilih membeli barang utama.
Dan pendapatan seseorang pun berperan dalam permintaan barang dan jasa. apabila pendapatan seseorang meningkat maka meningkat pula permintaan barang dan jasa, sebaliknyapabila pendapatan seseorang menurun maka menurun pula permintaan barang jasa. Dan selera konsumen pun berperan serta juga dalam mempengaruhi jumlah permintaan, Apabila konsumen memperkirakan bahwa harga suatu barang akan naik maka mereka cenderung akan menambah jumlah barang yang akan dibeli karena khawatir harga akan semakin mahal dikemudian hari. Dan apabila kebutuhan barang sedang tidak mendesak maka permintaan akan barang tersebut pun menurun.


Hukum penawaran berbanding lurus dengan harga barang. Hukum ini juga tidak berlaku mutlak cateris paribus. Semakin banyak penawaran harga cenderung turun. Harga akan naik bila penawaran sedikit. Semakin tinggi harga semakin banyak pula penawaran yang dilakukan dengan anggapan ceteris paribus. Setara dengan : bila harga naik maka permintaan turun, permintaan semakin banyak bila harga turun (hukum permintaan). 



Setiap transaksi perdagangan pasti ada permintaan, penawaran, harga dan kuantitas yang saling mempengaruhi satu sama lain. Untuk itu permintaan dan penawaran merupakan hal yang sangat berperan dalam tingkatan perekonomian. Permintaan dan penawaran tersebut saling bertemu dan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas (jumlah barang).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar