Jumat, 02 November 2012

Wacana "KOMODO"

KOMODO
           

           Komodo atau biawak komodo (Varanus komodoensis) adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau KomodoRincaFloresGili Motang, dan Gili Dasami di Nusa TenggaraKomodo atau “Ora”, sebutan komodo oleh penduduk asli pulau Komodo, ditemukan oleh peneliti barat tahun 1910. Tubuhnya yang besar dan reputasinya yang mengerikan membuat mereka populer di kebun binatang.
           Bukan hanya sebagai biawak terbesar di dunia, komodo juga memiliki keistimewaan lain, yaitu tempat berkembang biak alaminya hanya tersebar di kepulauan komodo dan tidak ditemukan di tempat lain di seluruh dunia. Selain itu komodo juga diyakini sebagai salah satu hewan purba yang masih tersisa di abad 21 ini.
            Sebagai harta istimewa atau anugerah yang dimiliki Indonesia, komodo haruslah dimaksimalkan sebagai sumber daya tarik bagi warganya sendiri maupun warga dunia. Sumber daya tarik tersebut akan menjadi peluang perekonomian warga sekitar sekaligus perekonomian nasional. 
            Pembangkitkan pulau komodo sebagai tempat wisata sepopuler pulau Bali   bahkan lebih dapat diwujudkan jika komodo menjadi salah satu ikon wisata yang ditonjolkan Kementerian Pariwisata dan Perekonomian Mikro dan Dinas terkait. Dukungan untuk kemajuan pulau Komodo haruslah dibarengi dengan antusias warga Indonesia dalam mempopulerkannya maupun mengunjunginya (dari berbagai sumber yang telah diolah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar